Teleskop Hubble Temukan Galaksi Baru : Abell 370


Teleskop luar angkasa Hubble adalah sebuah teleskop luar angkasa milik badan antariksa Amerika Serikat atau serimg di singkat NASA ,  yang berada di orbit bumi. Nama Hubble diambil dari nama ilmuwan terkenal Amerika, Edwin Hubble yang juga merupakan penemu hukum Hubble. Sebagian besar dari benda-benda angkasa yang telah berhasil diidentifikasi, adalah jasa teleskop Hubble.
Baru - baru ini kabar terbaru mengungkapkan bahwa teleskop hubble menemukan sebuah galaksi baru yang di beeri nama Abell 370 yang berjarak 370,6 Miliar cahaya dari pusat bumi.

Di kutip dari Tempo , Awalnya, benda padat yang bercahaya yang ditangkap oleh teleskop ini bisa dikira sekelompok bintang di galaksi Bima Sakti. Namun, jika foto itu dilihat lebih dekat, nampak sebuah galaksi spiral yang serupa galaksi elips kuning.

Foto Abell 370 juga menunjukkan hal unik. "Cluster galaksi besar itu mendistorsi ruang dan waktu disekitarnya, ini membuat cluster itu menjadi lensa besar, yang memperbesar dan mendistorsi sebuah galaksi spiral di belakangnya," ungkap NASA dalam pernyataan tertulis.
Efek ini dapat dilihat pada hasil foto Abell 370. Garis-garis yang membatasi bagian tengah cluster menunjukkan distorsi yang disebabkan oleh gravitasi cluster yang sangat besar. Hal itu memberi petunjuk kepada para ilmuwan apa yang ada dibalik struktur terbesar semesta.

Ini bukan pertama kalinya Hubble mengintip ke dalam ruang gelap hanya untuk menemukan foto yang mengungkapkan cahaya yang dipancarkan oleh ribuan galaksi miliaran tahun yang lalu.
Pada tahun 1995, tidak lama setelah astronot antariksa memperbaiki kamera Hubble, para ilmuwan mengirim teleskop itu ke hamparan langit yang kosong dan menginstruksikannya untuk mengambil 342 eksposur selama 10 hari.

Dari penemuan Galaksi Abell 370 ini tentu menambah wawasan kita bagaimana luasnya jagat raya ini dan mendorong ilmuan antariksa untuk meneliti dan mengungkap lebih banyak lagi misteri akan luar angkasa yang masih menjadi buah bibir di tengah masyarakat.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan S1 ( Sarjana ) Dan D IV ( Diploma )

Apa Itu VGA (Video Grapics Array) ?