Apa itu System on a Chip (SOC)


Perkembangan dunia teknologi mobile sangat pesat, salah satunya yaitu sistem perangkat Sysem on Chip (SoC) atau bisa disebut chip merupakan sebuah sirkuit terpadu (IC) yang mengintegrasikan semua komponen dari sebuah komputer atau sistem elektronik lainnya ke dalam satu chip. Chip Ini berisi sinyal digital, analog, dan semua frekuensi radio pada chip substrat tunggal. SOC sangat umum di pasar elektronik mobile karena konsumsi daya yang rendah.
Hanya setengah abad setelah penemuannya, IC telah digunakan dimana-mana. Komputer, telepon selular, dan peralatan digital lainnya yang merupakan bagian penting dari masyarakat modern. Contohnya, sistem transportasi, internet, dll tergantung dari keberadaan alat ini. Banyak skolar percaya bahwa revolusi digital yang dibawa oleh sirkuit terpadu merupakan salah satu kejadian penting dalam sejarah umat manusia. 
Berikut beberapa Soc (system on Chip) yang beredar di pasaran smartphone :

  • Samsung Exynos


Selain membuat perangkat smartphone, Samsung juga melakukan produksi chip dibawa naungan Samsung Semikonduktor. sendiri untuk perangkat-perangkat mobile-nya. Namun  untuk beberapa perangkat smartphone, Samsung ternyata masih menggunakan produk Qualcomm untuk beberapa produk yang dipasarkan di negara-negara tertentu, terutama negara yang sudah memiliki jaringan 4G LTE.  Untuk SOC andalan Samsung kini ada sudah terpasang pada Galaxy Note 4 yaitu SOC Exynos7 Octa.Pada tanggal 29 Agustus 2011, Samsung memperkenalkan Exynos 4212 sebagai penerus 4210 yang memiliki frekuensi clock yang lebih tinggi dan 50 persen kinerja grafis 3D yang lebih tinggi dari generasi prosesor sebelumnya. Dibangun dengan 32 nm Tinggi K Logam Gate (HKMG) proses daya rendah dan menjanjikan 30 persen lebih rendah power-tingkat dari generasi proses sebelumnya.
  • Qualcomm Snapdragon

Qualcomm  merupakan produsen terbesar SOC pada perangkat Android saat ini. Bagaimana tidak, hampir seluruh produk berplatform Android memiliki SOC buatannya. Chip grafis Qualcomm sendiri kebanyakan menggunakan chip grafis Adreno dan prosesor Cortex. Sedangkan untuk basis SOC menggunakan Krait dan arsitektur ARM.
SOC Snapdragon yang menjadi andalan Qualcomm saat ini telah dilengkapi dengan arsitektur 64-bit yang bisa digunakan di berbagai perangkat mobile premium, seperti LG G Flex 2 dan kemungkinan juga HTC M9. SOC Snapdragon ini sekarang juga telah hadir dalam berbagai varian, mulai dari yang low-end hingga high-end.Snapdragon central processing unit (CPU) menggunakan ARM RISC set instruksi, dan SOC tunggal yang dapat mencakup beberapa core CPU, sebuah graphics processing unit (GPU), modem nirkabel, dan perangkat lunak lain dan hardware untuk mendukung smartphone global positioning system ( GPS), kamera, pengenal gerakan dan video. Snapdragon semikonduktor yang tertanam dalam perangkat dari berbagai sistem, termasuk perangkat mobile Phone dan Windows Google Android

  • Nvidia Tegra

Merupakan system on chip yang dikembangkan oleh Nividia untuk perangkat mobile seperti smartphone, PDA (Personal Digital Assistant), dan mobile internet devices.
Processor produk nvidia ini sangat maju dikarenakan lebih dulu melakukan release quad core sementara produsen lain masih memproduksi dual core. Product quad core tersebut adalah nvidia tegra 3 yang dibangun dengan menggunakan arsitektur ARM Cortex A9 dengan core maximum 1.4GHz. Processor ini mempunyai keunggulan mampu menampilkan kualitas gambar dengan konsumsi daya yang minimum, selain itu processor ini juga mampu memutar video dengan resolusi yang besar. Jika anda gemar bermain game dan memutar video, mungkin tegra adalah pilihan yang cocok untuk anda.
SOC Andalan Nvidia sendiri telah dirilis pada bulan Januari 2015 yaitu Tegra X1. Tegra X1 ini memiliki 8 inti prosesor dengan arsitektur ARM 64-bit dan juga telah dilengkapi dengan chip grafis 256 inti pada Nvidia Maxwell.



  • MediaTek

MediaTek atau yang lebih dikenal dengan MTK merupakan perusahaan semikonduktor dan menjual komponen untuk perangkat komunikasi nirkabel. Di Taiwan, mediatek merupakan pembuat chip terbesar dan juga termasuk perusahaan semikonduktor terbesar, sementara dibidang chipset smartphone, menurut data dari strategic analytic, mediatek menduduki peringkat ketiga setelah snapdragon dan exynos. Selain memiliki berbagai keunggulan, processor mediatek dikenal sebagai processor dengan harga murah namun memiliki kualitas yang mengagumkan karena sejatinya MediaTek menyasar pasar Smartphone kelas menengah.
Salah satu varian terbaru dari chip MediaTek yaitu MT6595 & MT6595M yang mengusung octa qore.

  • SOC Apple 

Selain memproduksi perangkat laptop dan smartphone seperti  iPhone dan iPad ternyata Apple juga membuat komponen-komponen lain secara mandiri, seperti salah satunya SOC. Karena diproduksi sendiri maka mereka jarang sekali mengunggul-unggulkan teknologi SOC mereka.

Mereka hanya ingin fokus pada kepuasan konsumen pada perangkat-perangkatnya secara langsung dan keseluruhan. SOC terbaru Apple adalah A8X yang dipakai pada iPad Air 2. Dan Sejak tahun lalu, Apple juga telah memproduksi SOC S1 untuk perangkat wearable Apple Watch.Apple Inc. mengembangkan prosesor mereka sendiri untuk digunakan pada perangkat mobile mereka dimana prosesornya terdiri atas serial Ax dan serial Sx.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan S1 ( Sarjana ) Dan D IV ( Diploma )

Apa Itu VGA (Video Grapics Array) ?

Teleskop Hubble Temukan Galaksi Baru : Abell 370