Perbedaan S1 ( Sarjana ) Dan D IV ( Diploma )

Seputar Informasi -  Untuk kalian yang baru - baru ini tamat dari SMA dan berencana ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dan bingngung mau ambil PTN/PTS bergelar SI/D4.
Secara umum Diploma - IV dan S1 sebernarnya sama dalam hal tingkat jenjang perguruan tinggi yaitu bergelar sarjana, hanya saja gelar untuk S1 adalah sarjana dan Diploma-IV aSesuai Judulnya Apa yang membedakan dari kedua gelar ini ? 
 
Untuk itu mari kita simak mengneai sistem pendidikan tinggi di indonesia yang di susun pada UU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Nomor 20 Tahun 2003 pasal 19 menyatakan, pendidikan tinggi Indonesia mencakup pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor. Berdasarkan UU sistem pendidikan Nasional, kita dapat membagi jalur pendidikan menjadi dua, jalur akademis dan jalur profesional, jalur akademis mencakup sarjana, magister dan doktor. Sedangkan jalur profesional mencakupi diplom , maupun spesialis.
Dilihat dari lulusan program Diploma-IV dan program sarjana sama-sama memilki Sistem Kredit Semester sebanyak 144 (SKS) dan ditempuh dengan waktu normal selama 4 tahun.

Jenjang Diploma-IV merupakan kelanjutan dari Diploma-III, Diploma-IV ini baru muncul sejak dikeluarkannya Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 178/U/2001 Tahun 2001 Tentang Gelar dan Lulusan Perguruan Tinggi Pasal 10 ayat 1. Pada dasarnya Diploma-IV sama atau setara dengan S1 atau yang sering masyarakat ketahui dengan sebutan sarjana.

Secara umum program Diploma-IV  sama dengan S1. Yang membedakan di sini hanya kurikulumnya saja. D4 memiliki bobot studi 60% praktek dan 40% Teori, sebaliknya S1 memiliki bobot studi 40% Praktek dan 60% Teori. disinilah letak perbedaan antara program studi D4 dan S1. Dengan penyusunan kurikulum yang seperti ini diharapkan lulusan D4 ini akan siap untuk bekerja, sedangkan lulusan S1 diarahkan ke bidang riset dan disiapkan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi sampai jenjang akademis Doktor, sama halnya dengan SMA dan SMK.

Dan diharapkan untuk kedepannya Diploma-IV dan S1 sama-sama memiiliki lulusan yang baik, untuk S1 sudah sejak lama mendapat tempat di institusi pemerintah dan swasta. Dan juga Diploma-IV semakin hari semakin banyak institusi yang menerima keberadaannya, seperti Intitusi Pemerintah dan swasta.

Jadi S1 dan D4 sama saja. Sehingga tidak perlu ragu untuk melanjutkan ke program studi yang mana, karena masing-masing program studi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.Jadi untuk itu kepada adik - adik semua , harus berpikir untuk masa depan mau kerja seperti apa sebelum menentukan prodi maupun gelar yang di pilih.


Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu VGA (Video Grapics Array) ?

Teleskop Hubble Temukan Galaksi Baru : Abell 370